Penyebab Rambut Kering Bercabang dan Cara Mengatasinya

 Selasa, 13/08/2019 13:30 WIB  

Penyebab Rambut Kering Bercabang dan Cara Mengatasinya

Tahapa pertama mengatasi rambut kering bercabang adalah mengenali jenis rambut Anda.Jakarta,Beberapa orang kadang tak menyadari penyebab dan solusi rambut kering bercabang. Beragam produk sampo, masker, hingga perawatan ala salon yang merogoh kocek tak kunjung mengatasinya. Jika dibiarkan terlalu lama tentu bakal mengganggu penampilan. Karena itulah penting untuk mengetahui cara-cara mengatasi rambut bercabang.

Jangan asal ambil langkah. Baiknya kenali dulu karakter rambut dan penyebab rambut bercabang. Jangan sampai coba-coba banyak perawatan rambut tanpa mengetahui penyebabnya yang justru membuat rambut makin rusak. 

Melansir situs Mamamia, terdapat dua jenis penyebab rambut kering dan bercabang, secara umum dipengaruhi oleh lingkungan dan proses mekanis. 

Perlu diketahui bahwa 80 persen pembentuk rambut adalah protein yang disebut keratin. Rambut rusak akibat pengaruh lingkungan yakni polusi, radikal bebas, hingga paparan matahari bisa membuat rambut kekurangan keratin, terlebih pada bagian ujung helai rambut. Alhasil, rambut jadi mudah patah dan kering. Ujung rambut pun rentan bercabang.

Sedangkan rambut rusak akibat faktor mekanis disebabkan penggunaan gunting tumpul pada proses pemotongan, cara menyisir yang salah dan berlebihan, penggunaan zat kimia seperti cat rambut, hingga penggunaan suhu tinggi untuk menata rambut yakni dengan catok dan alat pengering rambut. 

Berikut cara-cara mengataasi rambut kering dan bercabang tanpa harus memotongnya.

1) Seperti kulit, rambut pun jangan sampai kering

Rambut harus senantiasa dalam kondisi lembab agar tak bercabang. (Istockphoto/puhhha)

Menjaga kelembapan rambut adalah langkah pertama untuk mengatasi masalah rambut bercabang. Semakin kering rambut, semakin mudah patah dan bercabang. 

Cegah rambut kering dengan menggunakan sampo yang mengandung antioksidan. Antioksidan menetralkan zat berbahaya bagi rambut akibat polusi dan radikal bebas, sehingga kadar keratin terjaga, rambut senantiasa lembap dan tak mudah patah. 

2) Jangan sering keramas

Ilustrasi. Sering keramas justru membuat rambut kering dan rapuh akibat kehilangan kelembapan alaminya (Foto: Istockphoto/Martin Barraud)

Sekilas, keramas dengan produk sampo terbaik bisa menjadi solusi mengatasi rambut kering dan bercabang. Padahal sering keramas justru mengurangi kandungan minyak alami sehingga rambut mudah kering. Cukup mencuci rambut tiga kali seminggu, tentu dilengkapi penggunaan kondisioner setelahnya. Mencuci rambut dengan air dingin rupanya menjaga kelembutan lapisan luar rambut. 

Untuk tipe rambut lembap atau berminyak, penting pula untuk selalu menjaga kelembapan rambut. Caranya, pastikan rambut benar-benar basah sebelum mengaplikasikan sampo. Saat keramas, utamakan pengaplikasian sampo, kemudian bilas sampai benar-benar bersih. 

3) Rambut cantik tak harus dengan suhu panas

Ilustrasi. Suhu tinggi dari catokan bisa memberikan efek tidak baik, seperti kerusakan dan kerontokan rambut. (Foto: Istockphoto/macniak)

Bukan fakta mengejutkan bahwa penggunaan suhu tinggi untuk menata rambut seperti dengan catok dan hair dryer adalah penyebab utama rambut kering. Sayangnya, mungkin Anda telanjur terbiasa mencatok rambut. Memang tak bisa dimungkiri, catok adalah teknik cepat untuk rambut halus dan rapi bak habis perawatan salon. 

Cara mengatasi rambut kering adalah mengurangi penggunaan panas untuk menata rambut, seperti dengan mengubah kebiasaan menyatok rambut dari setiap hari menjadi tiga kali seminggu. Tanpa catok, kelembapan rambut adalah kunci utama rambut sehat dan cantik. 

Nah, tinggal pilih rambut halus tapi kering karena catok, atau sehat dan lembap tanpa catok? 

4) Jangan tidur dengan bantal katun
Kembali melansir situs Allure, bantal katun ternyata bisa jadi penyebab rambut kering dan mudah patah. Gesekan antara rambut dengan bahan katun membuat lapisan batang rambut menipis yang membuatnya mudah patah. 

Mengatasi itu, pastikan bantal kesayangan tak hanya ramah bagi leher dan kepala, tapi juga ramah pada rambut. Pilih bantal berbahan satin atau sutera. 

5) Makan sehat, rambut pun sehat

Makanan sehat bisa membuat Anda mengatasi rambut kering dan bercabang. (Unsplash/Pixabay)

Makan sehat merupakan kunci keseimbangan tubuh. Rambut juga butuh nutrisi dari makanan. Protein yang mencukupi memengaruhi kekuatan rambut dan proses perbaikan batang rambut kering dan bercabang. 

Penting untuk diketahui, protein yang terlalu banyak justru menyebabkan rambut rapuh dan terlalu berminyak. Apa pun model dan jenis rambut Anda, kecantikan muncul dari tubuh yang sehat. Pastikan nutrisi Anda seimbang dan tercukupi dan ketahuilah cara-cara mengatasi rambut kering dan bercabang.

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190710105821-277-410798/penyebab-rambut-kering-bercabang-dan-cara-mengatasinya

Comments are closed.