5 Negara Terbaik di Asia untuk Surfing

 Kamis, 08/08/2019 15:30 WIB

5 Negara Terbaik di Asia untuk Surfing

Asia memiliki banyak lokasi untuk berselancar, namun ada lima negara yang menjadi lokasi terbaik. (Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata)Jakarta, Selain tempat bersantai, pantai juga menjadi lokasi untuk bersenang-senang dengan caranya masing-masing. Salah satu caranya adalah dengan berselancar (surfing).

Meskipun tidak semua orang tertarik mencoba olahraga ekstrem ini, namun ada semacam adiksi misterius bagi yang sudah merasakan sensasi ‘tersapu’ ombak.

Salah satu kawasan yang memiliki banyak lokasi untuk surfing adalah Asia. Cukup banyak pantai di benua Asia yang menjadi surga bagi para peselancar (surfer). 

Mengutip book surf camp, Kamis (8/8), berikut adalah lima destinasi terbaik di Asia untuk surfing.

1. Indonesia
Indonesia dikenal sebagai negara maritim yang memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada. Selain itu, keunggulan lain yang dimiliki Indonesia adalah iklim tropis.

Jika berkunjung ke Indonesia untuk tujuan berselancar, beberapa lokasi yang tepat untuk memulainya adalah di pulau Bali atau Lombok. Beberapa pantai di Bali yang cocok untuk berselancar adalah Uluwatu, Padang Padang, Bingin, Balangan, Canggu, Kuta, Keramas, dan Nusa Lembongan.

Musim kemarau (Mei-September) adalah momen yang tepat untuk berselancar.

2. Srilanka
Berbeda dengan Indonesia, panjang garis pantai di Srilanka 1.340 kilometer. Namun belakangan cukup banyak surfer yang menjajal ‘keberingasan’ ombak di negara yang bertetangga dengan India ini. 

Wisatawan dapat berkunjung di sebelah pantai Selatan pada Oktober hingga April. Sedangkan, jika berkunjung ke pantai bagian timur, timing yang pas untuk berselancar adalah pada Mei hingga September.

Pantai-pantai yang cocok untuk berselancar di Srilanka adalah Hikkaduwa, Unawatuna, Bentota, Mirissa, Weligama, Matara, dan Arugam Bay. 

3. Thailand
Negeri gajah ini merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Asia Tenggara, termasuk untuk urusan berselancar.

Jika datang ke Thailand, setiap peselancar wajib mengunjungi pantai Phuket, Kata, Kamala, Surin, dan Cape Pakarang. Bulan April hingga November adalah waktu yang tepat bagi para wisatawan di pantai-pantai Thailand.

4. Filipina
Peselancar yang berkunjung ke Filipina wajib datang ke pantai La Union, Zambales, Siargao, dan Samar. Dengan garis pantai melebihi 36 ribu kilometer, Filipina berada di posisi kelima negara dengan garis pantai terpanjang di dunia.

Bagi peselancar yang menyukai gelombang besar, silakan kunjungi ke Filipina pada Agustus hingga November. Sedangkan, untuk peselancar yang menyukai gelombang yang lebih tenang, dapat berkunjung saat musim panas pada Desember hingga April.

5. Vietnam
Jika berkunjung ke Vietnam, peselancar wajib untuk mengunjungi pantai Nha Trang, pantai Cina, Mui Ne, dan Da Nang.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Vietnam untuk berselancar adalah September hingga April.

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190808125734-269-419494/5-negara-terbaik-di-asia-untuk-surfing

Comments are closed.