19 Februari, Supermoon Terbesar Tahun Ini Terangi Langit

Fenomena supermoon akan terjadi pada Kamis (19/2) yang bisa diamati dari seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia.

Berbeda dengan supermoon pada 21 Januari lalu, fenomena Kamis mendatang akan menjadi supermoon terbesar yang terlihat tahun ini.

Bulan akan berada pada jarak terdekatnya dengan perigee (titik terdekat bulan ke Bumi dalam orbit bulanannya) yakni 356.761 kilometer.

Ketua LAPAN Thomas Djamaluddin mengatakan pengamatan supermoon juga bisa dilakukan dari Indonesia. Menyoal waktu pengamatan, ia menegaskan hal itu bisa dilakukan sepanjang malam, dari matahari terbenam hingga matahari terbit.

“Supermoon itu seperti bulan purnama, dapat dilihat di seluruh dunia termasuk Indoensia,” terang Thomas melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Kamis (14/2).

Menurutnya bulan purnama yang akan terlihat lebih besar jika diamati menggunakan teropong. Dengan kata lain, jika melihatnya dengan mata telanjang maka tidak terlihat jelas ukurannya lebih besar.

“Ukuran bulan yang terlihat akan lebih besar, tetapi tidak akan nampak kecuali menggunakan teropong terlebih jika membandingkannya dengan foto bulan rata-rata,” imbuhnya.

Supermoon berikutnya dipastikan akan kembali menghiasi langit pada 21 Maret mendatang. Hanya bedanya, jarak bulan dengan perigee mencapai 360.000 kilometer. 

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190214154635-199-369302/19-februari-supermoon-terbesar-tahun-ini-terangi-langit

Comments are closed.