Perdebatan Dunia Maya Soal Nama Ujung Roti Tawar

Saat membeli satu bungkus roti tawar, Anda pasti akan menemukan bagian ujung dan pangkal roti.

Bagian inilah yang memiliki area terkecil di antara irisan roti lembaran tersebut. Selain punya ukuran paling kecil, bagian ujung dan pangkal ini juga biasanya paling kering dan menjadi ‘kulit’ pelindung lembaran lainnya.

Namun tahukah Anda kalau setiap orang ternyata punya nama julukan sendiri terhadap irisan lembar terakhir roti tawar ini.

Setelah seorang aktor asal Inggris, Stephen Mangan menyebutnya sebagai the heel, dunia maya Twitter pun gempar dengan penamaan ujung roti ini. Jawaban Mangan ini memancing perdebatan tak berujung.

Mengutip Daily Meal, semua ini dimulai ketika aktor Green Wing ini diberi pertanyaan oleh seorang warganet tentang hal tersebut.

The heel ala Mangan ini ternyata dibenci warganet. Mereka pun mulai ‘melenparkan’ berbagai sebutan ujung dan pangkal roti tawar kepadanya. Beberapa orang mengklaim bahwa nama tersebut merupakan nama buatan keluarga. Sementara yang lainnya mengungkapkan bahwa memberi nama roti adalah hal yang aneh.

“Ini adalah bagian terluar dari roti, jadi itu ada luaran. Sudah jelas,” ucap pengguna twitter bernama Elaine.

“Di rumah kami, ujung roti tawar dipanggil Charlie. Ini terasa aneh karena kami juga punya anak bernama Charlie,” tulis Alex Freeman.

Tak cuma itu ada juga yang menyebutnya sebagai bokong roti.

Berbeda tiap negara

Tak ada yang salah dengan penyebutan nama tersebut. Pasalnya memang tak pernah ada nama resmi dari bagian tersebut. Setiap orang di tiap negara punya nama sebutannya masing-masing. Hal ini dibuktikan oleh Will Quam, seorang guru teater dan sutradara yang juga pecinta roti.
Dia sempat membuat sebuah survei iseng di Reddit untuk menemukan sebutan ujung roti tawar.

Survei ini mendapat 1.407 respons yang kebanyakan adalah pembicara dalam bahasa Inggris dalam satu minggu. Hasilnya, semua negara di seluruh dunia menyebutnya dengan nama yang berbeda-beda.

Sekitar 36, 7 persen menjawabnya sebagai the heel, merujuk pada hak sepatu. Orang Irlandia dan Oklahoma juga menjawab heel.

Sedangkan orang Norwegia menjawabnya sebagai skalk. Namun dalam bahasa Inggris, juga berarti heel.

Selain itu 27,6 persen menjawabnya dengan bagian ujung atau akhir roti.

Di posisi tiga sekitar 20 persen orang menjawab dengan bokong roti. Mengutip Insider, sekitar 12,7 persen lainnya menyebut sebagai crust atau kerak roti.

Jadi, apa sebutan Anda untuk ujung roti? (chs/chs)

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20181218082848-262-354461/perdebatan-dunia-maya-soal-nama-ujung-roti-tawar

Comments are closed.