Panduan Lengkap Memilih Smartphone Tanpa Perlu Menyesal Setelah Membeli

Panduan Lengkap Memilih Smartphone Tanpa Perlu Menyesal Setelah Membeli

Sumber: http://www.tribunnews.com/techno/2018/10/02/panduan-lengkap-memilih-smartphone-tanpa-perlu-menyesal-setelah-membeli

Sebelum memulai membaca artikel ini, cobalah jawab dulu pertanyaan ini: “berapa usia smartphone yang kamu miliki saat ini?” satu tahun? Atau mungkin dua tahun?

Jika iya, kamu tak sendirian. Itu karena sekarang ini setiap empat bulan sekali selalu saja hadir smartphone terbaru yang menawarkan teknologi-teknologi terkini dan muktahir bagi para konsumennya.

Tak hanya itu saja, kehadiran smartphone-smartphone tersebut juga membuat konsumen penasaran.

Sehingga tak mengherankan jika rata-rata smartphone yang dimiliki hanya berusia setahun atau dua tahun saja.

Namun jika dipikir-pikir, membeli smartphone sekali dalam dua tahun sangatlah menghabiskan uang. Tapi disisi lain, kita pasti ketinggalan teknologi terkini jika tak membeli smartphone terbaru.

Jika sudah begitu, apa yang harus kita lakukan? Kuncinya memilih sebuah smartphone secara tepat sebelum membelinya.

Pemilihan smartpone ini harus mempertimbangkan dari sisi teknologi yang dimiliki, harga, dan ketahanan yang dimiliki oleh smartphone tersebut. Selain itu, pertimbangkanlah juga smartphone yang sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya saja, memilih smartpone dengan spesifikasi game kelas berat tapi dalam sehari-hari sama sekali tak pernah bermain game. Atau memilih smartphone dengan spesifikasi kamera sekelas DSLR tapi jarang sekali menggunakan smartphone untuk memotret.

Oleh sebab itulah memilih smartphone yang sesuai kebutuhan adalah ‘kunci’ sehingga uang yang dikeluarkan untuk membeli smartphone sebanding dengan manfaat yang didapatkan.

Setelah tahu smartphone yang dibutuhkan. Tentukanlah budget yang dimiliki. Dari situ kamu bisa mulai mencari smartphone secara mudah. Misalnya saja smartphone yang berada di kisaran harga 1-2 juta, 3-4 juta, atau 6-7 juta.

Jika dalam pencarianmu sudah menemukan beberapa smartphone yang dirasa cocok, supaya tak salah pilih dan tetap menikmati teknologi terkini, ada beberapa spesifikasi yang harus diperhatikan.

Pertama dari prosesornya, di pasaran saat ini ada dua prosesor terbaik yang bisa dipilih, yakni Qualcomm Snapdragon dan Mediatek. Untuk versi terbaru tersedia Qualcomm Snapdragon 845 dan Mediatek helio p60.

Jika seringkali menggunakan banyak aplikasi dalam satu waktu atau sering memainkan game kelas berat, maka dua prosesor versi terbaru di atas bisa kamu pilih.

Namun jika menggunakan smartphone hanya untuk kebutuhan sehari-hari, seperti chatting, streaming video, hingga mengirimkan email, prosesor Snapdragon atau Mediatek versi sebelumnya bisa kamu pilih.

Kedua, OS atau Operating Sistem. Saat ini, OS paling terkini adalah Android 8.0 Oreo. Namun, memilih smartphone dengan OS Android 6.0 Marshmallow atau 7.0 Nougat masih bisa menjadi pilihan yang tepat.

Ketiga, kamera. Selain menjadi pertimbangan bagi mereka yang suka swafoto atau memotret lewat smartphone, kebanyakan teknologi terbaru hadir melalui fitur satu ini.

Tapi perlu diingat! Jika kamu sesorang yang suka selfie atau memotret lewat smartphone. Pilihlah smartphone yang memilih teknologi kamera baik. Misalnya jika lebih suka swafoto pilihlah smartphone yang menonjolkan fitur kamera depannya.

Namun jika lebih suka memotret pemandangan, makanan atau orang lain, pilihlah smartphone yang memiliki teknologi kamera belakang yang baik.

Selain itu, perhatikan juga beragam fitur dan kelebihan yang dimiliki kamera pada smartphone yang kamu pilih. Itu karena dengan banyak fitur kamera yang tersedia semakin memudahkanmu dalam menghasilkan foto atau video yang indah, serta sebuah karya yang unik dan tak biasa.

Namun perlu diingat, janganlah menjadikan resolusi sebagai patokan dalam mencari kamera smartphone.

Itu karena resolusi tak menjadikan hasil foto menjadi lebih baik. Resolusi hanya menentukan sebesar apa ukuran foto yang dihasilkan sebuah smartphone.

Oleh sebab itulah, resolusi tak bisa dijadikan patokan dalam memilih smartphone, sebab resolusi yang tinggi belum tentu menghasilkan foto berkualitas tinggi pula.

Keempat, teknologi terkini. Selain kamera, dalam dunia smartphone saat ini teknologi terkini biasanya terlihat dari sistem pengunciannya dan jenis layar serta desain yang dimiliki.

Dalam hal sistem penguncian, untuk standar sekarang, smartphone dengan sidik jari dan face unlock merupakan teknologi paling terkini dan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sedangkan dari sisi layar, layar berjenis AMOLED dan Super AMOLED bisa menjadi pilihan karena seperti halnya TV, layar jenis ini membuat tampilan smartphone semakin lebih baik dan sempurna sehingga cocok bagi mereka yang sering menonton video, serial TV, dan film lewat smartphone, atau yang hobi bermain game mobile.

Kelima, keawetan. Hal yang satu ini harus menjadi salah satu pertimbangan yang harus kamu pikirkan masak-masak. Dari beragam smartphone yang ada saat ini, pilihlah smartphone dari brand yang sudah terbukti ketahanannya.

Hal ini tentu saja membuatmu tak perlu keluar uang ekstra ketika smartphone terjatuh, sebab smartphone tak pecah dan masih dalam keadaan baik-baik saja.

Tapi adakah brand smartphone di pasaran yang memiliki semua kriteria di atas? Untuk masalah tersebut, tak perlu khawatir sebab pada Samsung J Series, kamu bisa menemukan smartphone terbaik yang dicari selama ini.

Pada produk Samsung Galaxy J8 , Galaxy J6, Galaxy J4, Galaxy J7 Prime, Galaxy J2 Pro, Galaxy J2 Core, Galaxy J2 Prime dan Galaxy J1 Ace, kamu bisa menemukan smartphone terbaik sesuai pilihanmu.

Asyiknya lagi, semua smartphone tersebut berada di jangkauan harga 1-3 jutaan saja, sehingga tak membuatmu perlu mengeluarkan koceh lebih untuk bisa mendapatkan smartphone yang sesuai dengan teknologi terkini.

Walaupun sudah terkenal akan ketahanan smartphone, lewat program National Phone Project, Samsung Indonesia menawarkan Asuransi perlindungan layar gratis dari PT. Asuransi Samsung Tugu pada setiap pembelian Samsung Galaxy J8 , Galaxy J6, Galaxy J4, Galaxy J7 Prime, Galaxy J2 Pro, Galaxy J2 Core, Galaxy J2 Prime dan Galaxy J1 Ace

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mendapatkan bonus 5GB dari Telkomsel dan gratis biaya admin jika membeli secara kredit melalui Home Credit.

Tapi perlu kamu ingat! Program ini hanya berlaku dari tanggal 8 Agustus kemarin sampai 31 Desember 2018 saja lho! Khusus promo asuransi perlindungan layar berlaku hingga 3 November 2018.

Comments are closed.