Bukan Sekadar Wacana, Indonesia Akan Ikut ‘Bidding’ Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Bukan Sekadar Wacana, Indonesia Akan Ikut ‘Bidding’ Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Sumber: Tribunnews

Keberhasilan Indonesia menggelar Asian Games 2018 membuat pemerintah menatap perhelatan yang lebih besar, yakni Olimpiade agar bisa berlangsung di Tanah Air.

Pernyataan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, untuk mendatangkan Olimpiade ke Indonesia ternyata bukan sekadar wacana.

Dalam konferensi pers pasca-Asian Games 2018 yang berlangsung di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Puan Maharani, mengungkapkan Indonesia akan mengikuti bidding (penawaran) untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Indonesia tidak lagi bisa bersaing dengan negara lain untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2024 dan 2028 karena sudah ditentukan akan berlangsung di Paris, Perancis, dan Los Angeles, Amerika Serikat.

“Kenapa tahun 2032? Olimpiade 2024 sudah diputuskan akan diadakan di Paris dan 2028 di Los Angeles,” kata Puan Maharani dilansir BolaSport.com.

“Jadi, kesempatan kita untuk melakukan bidding hanya bisa dilakukan untuk Olimpiade 2032,” ucapnya.

Ya, Indonesia berhasil menghelat Asian Games 2018 baik dari segi penyelenggaraan mau pun prestasi.

Di Asian Games 2018 yang baru saja berakhir, Indonesia berhasil melebihi target awal yang ditetapkan pemerintah, yakni memenangi 16 medali emas dan menempati peringkat 10 besar.

Faktanya, Indonesia selaku tuan rumah berhasil meraih total 98 medali dengan rincian 31 medali emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

Jumlah tersebut membuat Indonesia finis di urutan keempat klasemen akhir perolehan medali Asian Games 2018.

Comments are closed.