7 Jenis Kacang dan Manfaat Ajaibnya

7 Jenis Kacang dan Manfaat Ajaibnya

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180702175615-262-310850/7-jenis-kacang-dan-manfaat-ajaibnya

 

Meski belum jam makan siang, rasa lapar terkadang sering mendera.

Biasanya, cara paling ampuh untuk mengganjal perut adalah dengan menyantap beberapa jenis camilan. Dibanding menyantap camilan yang tak bergizi, ada baiknya memilih kacang sebagai snack.

Akan tetapi, sebaiknya pilih snack yang menyehatkan salah satunya kacang. Renyah dan gurih kacang dapat dinikmati di sela mengerjakan tugas pekerjaan.

Makanan ringan ini pun punya beragam manfaat tergantung dari jenis kacang yang dikonsumsi. Berikut beberapa jenis kacang sehat berdasar jenisnya.

1. Kacang mede

Kacang satu ini kerap ditemui sebagai campuran cokelat batangan. Siapa sangka kacang ini punya kemampuan untuk menurunkan tekanan darah.

Dikutip dari Health 24, sebuah studi dari North-West University, Potchefstroom, Afrika Selatan menemukan bahwa diet dengan 20 persen asupan mede dapat meningkatkan tekanan darah pada orang yang mengalami sindrom metabolik.

Selain itu, ia juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat alias LDL dan meningkatkan kapasitas penyerapan kolesterol baik atau HDL.

2. Almond

Kacang dengan aroma khas ini punya kandungan fosfor tinggi. Almond membantu membangun kekuatan dan ketahanan tulang dan gigi. Osteoporosis pun dapat dicegah dengan konsumsi almond dengan teratur. Kandungan zinc, magnesium, potasium dan vitamin E dapat menjaga kesehatan organ jantung. Makanan ini juga dapat jadi asupan yang baik bagi pencernaan.

3. Hazelnut

Kulit dan rambut sehat bisa didapat dengan konsumsi hazelnut. Salah satu varian kacang ini juga diperkaya dengan tembaga yang dapat membantu memompa produksi sel darah merah.
Kesehatan jantung pun dapat terjaga karena hazelnut mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat.

4. Pistacio

Kacang pistacio adalah kacang yang banyak tumbuh di daerah kering di Iran, Turkmenistan dan Azerbaijan barat. Warnanya yang hijau cerah kerap digunakan sebagai penghias makanan. Di balik warna hijau ini, pistacio menyimpan manfaat kesehatan yakni sebagai antioksidan. Selain itu, pistacio juga baik untuk sistem imun tubuh, memberikan nutrisi untuk jantung lewat kandungan betakaroten dan asam oleanolic serta kaya akan mineral seperti potasium, kalsium, zinc dan zat besi.

5. Pecan

Pecan tampaknya bisa jadi jawaban akan gejala premenstrual syndrom yang dirasakan kaum hawa jelang haid. Ia kaya akan mangan yang mampu mengurangi mood swing dan kram, apalagi jika dikombinasikan dengan kalsium.
Kandungan polifenolnya dapat bertindak sebagai antioksidan. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi pecan selama empat minggu atau sebanyak 20 persen dari asupan mampu meningkatkan kandungan antioksidan pada darah.

6. Walnut

Sebuah studi yang dilakukan mahasiswa Andrews University, Amerika Serikat menemukan bahwa konsumsi walnut dapat meningkatkan ukuran kognisi yakni inferensial penalaran. Artinya, ia punya manfaat untuk otak.

Tak hanya untuk otak, walnut juga bermanfaat untuk kesehatan jantung termasuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi peredaran darah. Bagi mereka yang sedang diet, konsumsi walnut dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama.

7. Chestnut (kastanye)

Semua kacang mengandung lemak, tetapi kastanye terbilang memiliki kandungan lemak rendah. Ia banyak mengandung serat, betakaroten, folat dan vitamin C. Jantung makin sehat dengan konsumsi kastanye sebab ia kaya akan asam palmitic dan asam oleic. (chs)

 

 

Leave a Reply