Nutrisi Tepat Sebelum dan Usai Berolahraga

Nutrisi Tepat Sebelum dan Usai Berolahraga

Sumber : https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/1049861-nutrisi-tepat-sebelum-dan-usai-berolahraga

 

Jika Anda berolahraga dengan keadaan perut kosong, kondisi itu tidak akan membuat lemak terpangkas dengan cepat. Dengan nutrisi tepat, perut bisa terisi dengan baik untuk berolahraga sekaligus membantu menurunkan berat badan.

“Kombinasi olahraga rutin dengan pola makan sehat memberimu bentuk tubuh yang diinginkan. Jika tubuh tidak diberikan nutrisi yang tepat, itu tidak akan membantumu secara fisik atau mental,” ujar ahli gizi Manoj Kutteri seperti dikutip dari Hindustantimes.

Pola makan yang diterapkan untuk berolahraga dimulai dari sebelum, saat, dan sesudah berolahraga. Pastikan ada jeda 20 menit antara asupan makanan dan olahraga yang dilakukan.
“Karbohidrat sederhana seperti buah atau kurma dengan beberapa probiotik, dan 10 buah kacang almond untuk sebelum berolahraga,” ujar ahli gizi dari Nanavati Super Speciality Hospital, UshaKiran Sisodia.
Jika olahraga yang dilakukan kurang dari satu jam, makanan yang dipilih sebaiknya porsi kecil dan mudah dikonsumsi. Pilih makanan yang mudah dicerna seperti pisang, apel, atau protein bar serta minuman sehat seperti smoothies, yogurt dan buah. Tipe makanan ini bisa mencegah perut merasa kurang nyaman saat berolahraga.

Usai berolahraga, pastikan tubuh mengonsumsi protein dan karbohidrat yang tepat untuk memperbaiki otot, dan mengisi kembali cadangan gula. Makanan komplet yang dikonsumsi dalam waktu 1-2 jam usai olahraga bisa membantu menambah energi kembali. Misalnya mengonsumsi telur, dada ayam, gandum utuh, tahu, dan sayuran.

“Minimal 30-40 gram karbohidrat dan 15-20 gram protein. Satu setengah jam setelah berolahraga, Anda juga bisa konsumsi jus segar atau minuman probiotik,” kata Manoj Kutteri, ahli gizi di Atmantan Wellness Centre.

Dilanjutkannya, hidrasi juga menjadi hal penting untuk berolahraga karena banyaknya keringat yang keluar saat berolahraga. Namun, konsumsi minuman secara cepat dan banyak tidak direkomendasikan.

Konsumsi air secara perlahan sebanyak setengah liter selama dua jam sebelum olahraga, 250 ml air bisa dikonsumsi saat pemanasan, dan 200 ml bisa dikonsumsi tiap 20-30 menit sesi olahraga. Usai semua sesi olahraga, konsumsi 250 ml air dalam waktu 30 menit.

Leave a Reply