Grammy Tambah Jumlah Nomine Pada Empat Kategori Bergengsi

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20180628115949-227-309762/grammy-tambah-jumlah-nomine-pada-empat-kategori-bergengsi

 

Penyelenggara Grammy Awards, The Recording Academy membuat perubahan besar sejak pertama kali ajang penghargaan musik itu diadakan pada 1959. Jumlah nomine dalam empat kategori paling bergengsi di acara itu akan ditambah dari lima menjadi delapan.

Empat kategori yang mendapat tambahan nomine itu yakni Record of the Year, Song of the Year, Album of the Year, dan Best New Artist.

Presiden Recording Academy Neil Portnow mengatakan bahwa perubahan ini akan mulai diberlakukan pada gelaran Grammy Awards ke-61 yang diselenggarakan tahun depan. Menurutnya, itu diterapkan sebagai respons pada kondisi industri yang selalu berubah.

“Sepanjang tahun, kami bekerjasama dengan orang-orang musik di semua genre dan disiplin untuk mempertimbangkan revisi dan kemudian membuat amandemen terhadap aturan dan pedoman untuk memastikan kami mengikuti industri yang selalu berubah dan memenuhi kebutuhan pencipta musik,” katanya.

Dia menambahkan, keputusan penambahan jumlah nomine itu juga untuk menciptakan lebih banyak peluang dalam rangka pengenalan yang lebih luas dalam kategori penting tersebut.

“Dan memberikan lebih banyak fleksibilitas kepada pemilih ketika harus membuat keputusan untuk menentukan mana yang mewakili keunggulan dan yang terbaik dalam musik untuk tahun ini. Kami berharap dapat merayakan semua nomine ketika mereka diumumkan akhir tahun ini,” lanjutnya.

Mengutip Billboard, perubahan ini dilakukan pada pertemuan para komisaris Recording Academy di Hawaii pada Mei silam. Ini menjadi salah satu perubahan terbesar dan mungkin yang terakhir di bawah pengawasan Portnow, sebelum masa kontraknya habis pada 2019.

Menurut laporan, perubahan ini pun muncul setelah banyak protes karena kurangnya nomine dan pemenang dari musisi wanita pada ajang Grammy tahun ini. Hanya penyanyi muda Alessia Cara yang berhasil memboyong piala untuk kategori Best New Artist pada Grammy 2018.

Oleh karenanya, keputusan itu dianggap sebagai tindakan Recording Academy untuk meningkatkan keberagaman.

(res)

 

Leave a Reply