Begini Menu Diet Sehat Ala Pesepakbola Dalam Seminggu

Sumber : https://health.detik.com/diet/4087254/begini-menu-diet-sehat-ala-pesepakbola-dalam-seminggu

 

Kebugaran sangat penting bagi para atlet tak terkecuali para pesepakbola. Dalam suasana seru Piala Dunia 2018, berbagai macam gaya hidup sehat pesepakbola jadi sorotan, baik untuk ditiru maupun sebagai motivasi.

Menurut Simone Austin, seorang nutrisionis pada salah satu klub sepakbola di Australia, untuk badan yang sehat dan bugar, tentunya dimulai dari apa yang kita makan sehari-hari.

Dilansir HuffPost, Austin menjelaskan menu diet sehat dan kandungan penting yang dibutuhkan para pesepakbola dalam sehari, sebagai berikut:

1. Sarapan

Secara umum, sarapan para pesepakbola didominasi dengan karbohidrat dan protein. Seperti roti gandum panggang dengan telur, alpukat dan tomat, atau bubur, buah-buahan dan susu.

2. Cemilan pagi

Agar tetap kenyang sampai makan siang, biasanya pesepakbola memilih kacang, potongan buah, atau semangkuk yogurt yang tidak terlalu berat sebagai cemilan pagi.

3. Makan siang pertama

Yap, para pesepakbola makan siang dua kali. Yang pertama mereka lakukan lebih awal dari jam makan siang, biasanya makanan mereka cukup berat seperi pasta, sushi roll dengan salad dan ayam, burrito atau lumpia dengan salad dan daging.

4. Makan siang kedua

Tepat menjelang sore hari, para pesepakbola makan siang lagi untuk kedua kalinya. Umumnya mendekat latihan beban atau setelahnya, mereka mengisi perut dengan sup dan roti lapis, atau roti lapis sayuran panggang, atau kue beras dengan tuna dalam minyak zaitun dan tomat serta selada di atasnya.

5. Cemilan siang

Cemilan siang mereka konsumsi hanya untuk menahan rasa lapar hingga waktu makan malam. Tak perlu banyak-banyak, hanya butuh beberapa potongan buah sekaligus untuk memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh mereka.

6. Makan malam

Pada makan malam, para pesepakbola dipastikan memakan makronutrien (karbohidrat, protein, lemak) yang seimbang untuk mengganti energi seharian. Dalam satu piring, biasanya sepertiga diisi protein, sepertiga karbohidrat, dan seperti sayuran.

Untuk lemaknya, mereka bisa menambahkan keju atau memasak makanan menggunakan minyak zaitun. Makanan laut juga dipertimbangkan untuk tambahan omega 3, zat besi, dan zinc.

7. Pencuci mulut

Jika para pesepakbola masih lapar atau sedang program tambah bobot, mereka diperbolehkan untik memakan pencuci mulut. Seperti smoothie dengan susu, yogurt, buah dan biji-bijian. Atau potongan wortel, ketimun dan hummus.

8. Setelah bertanding

Untuk memulihkan tubuh dan memperbaiki otot yang rusak, biasanya setelah bertanding para pesepakbola diberikan makanan yang kaya protein. Seperti gulungan ayam, burrito, buah-buahan (misal alpukat).

Austin juga menegaskan bahwa tetap terhidrasi dan tidur yang berkualitas merupakan kunci dari performa yang baik.

“Mereka minum sport drink, tapi biasanya mereka lebih memilih minum air. Kopi dan teh juga boleh, tapi jangan lebih dari dua cangkir karena dapat mengganggu tidur mereka. Tidur sangat penting! Mereka memonitor kualitas tidur, bukan hanya lamanya saja,” ujarnya.

Bagaimana jika ada pesepakbola yang ingin makan-makanan tidak sehat? Austin menyebutkan boleh-boleh saja, namun jangan terlalu sering atau makan dalam porsi besar.

“Ini tentang membuat mereka tetap dalam diet yang sehat bahwa mereka peduli dan benar-benar mendengarkan tubuh mereka sendiri: ‘seberapa kenyangkah aku, seberapa laparkah aku, berapa porsi yang kumakan, dan bisa memasak sehingga tak perlu beli makan di luar’. Jadi ketimbang beli, mereka akan mencoba memasak sendiri pizza atau burger mereka saat lagi ingin makan,” tandasnya.

 

Leave a Reply