KSP Gandeng Google Sediakan Rute Mudik Anti Macet

KSP Gandeng Google Sediakan Rute Mudik Anti Macet

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180606221542-185-304124/ksp-gandeng-google-sediakan-rute-mudik-anti-macet

 

Kantor Staf Presiden (KSP) bekerja sama dengan Google guna menyiapkan info mudik yang tepat dan cepat lewat aplikasi Google Maps bagi pemudik Lebaran 2019.

Tenaga Ahli Kedeputian IV KSP FX Rudy Gunawan mengatakan kerja sama dilakukan karena kesadaran pemudik banyak menggunakan peta digital untuk mencari opsi rute dan jalan.

“Karena 90 persen (pemudik) menggunakan e-map, maka Google kerja sama dengan KSP mulai dari jalurnya dulu,” kata Rudi di Gedung Bina Graha, Jakarta, Rabu (5/6).


Rudi menyebut akurasi navigasi yang disediakan Google Map secara real-time sehingga pemudik lebih mudah menentukan jalur, menghindari titik-titik kemacetan, hingga memperkirakan waktu tiba di tujuan.

Akurasi jalan jadi kunci saat arus mudik, disamping mengandalkan jalur utama. Hanya saja, saat ini peta digital Google ini belum mencakup sejumlah jalur baru seperti jembatan Kali Kuto di tol fungsional Batang-Semarang.

“Sekarang di Google Maps belum ada. Ketika itu dibuka (H-2) maka Google Maps juga buka langsung garis lurus,” tutur Rudi menjanjikan.

Selain mencakup jalur mudik, kerja sama ini juga mencakup titik-titik istirahat permanen dan temporer yang bisa digunakan untuk rehat oleh pemudik ketika sedang di jalan.

Tak hanya menggandeng Google, sejumlah kemeterian dan lembaga terkait juga menyajikan beragam informasi arus mudik mulai dari rute jalan, lokasi SPBU, area istirahat, kamar mandi umum bisa diakses melalui laman web infomudik.go.id.

“Sangat akurat karena kami menggabungkan semua informasi yang disiapkan kementerian dan lembaga terkait dan dikemas sesuai kebutuhan. Navigasi akan lebih mudah,” klaim Rudi. (age)

 

Leave a Reply