Manusia Terkaya Dunia Mau Bikin Pabrik di Bulan

Manusia Terkaya Dunia Mau Bikin Pabrik di Bulan

Sumber : https://inet.detik.com/cyberlife/d-4042094/manusia-terkaya-dunia-mau-bikin-pabrik-di-bulan

 

Pendiri dan CEO Amazon, Jeff Bezos, tampaknya makin pede untuk mengembangkan koloni di Bulan. Bezos ingin agar perusahaan antariksanya, Blue Origin, dapat bekerjasasama dengan NASA dan ESA untuk mewujudkan mimpinya ini.

Tapi Bezos mengakui jika upaya kerja sama tersebut tidak terpenuhi, Blue Origin dapat melakukan proyek itu secara solo.

Berbicara di konferensi Space Development di Los Angeles, Bezos menjelaskan idenya untuk menjadikan Bulan sebagai pusat industri berat. Langkah ini diharapkan dapat menjaga sumber daya alam di Bumi.

“Di masa depan yang tidak terlalu jauh – saya berbicara dalam beberapa dekade atau 100 tahun – akan menjadi lebih mudah untuk melakukan banyak hal yang kita lakukan di Bumi di luar angkasa, karena kita akan memiliki banyak energi,” jelas Bezos, seperti dikutip detikINET dari TechCrunch, Senin (28/5/2018).

“Kita akan meninggalkan planet ini dan itu akan membuat planet ini jauh lebih baik,” tambahnya.

Menurut dua, sudah banyak sumber daya yang mendukung pembangunan pusat manufaktur di Bulan, seperti sinar matahari sepanjang hari, air yang tersembunyi di bawah permukaan, dan regolith yang bisa digunakan untuk membangun. Tetapi, Bumi tetap akan menyediakan sumber daya dan mineral yang tidak tersedia di Bulan.

Bezos sendiri sudah mengusulkan kerjasama antara Blue Origin dan NASA untuk membangun moon lander yang akan menguji kemungkinan menjadikan Bulan sebagai tempat tinggal dan pusat manufaktur.

Moon lander ini akan mampu mengirimkan muatan sebesar 5 ton ke permukaan Bulan. Muatan ini nampaknya sudah lebih dari cukup untuk memulai proyek pembangunan di Bulan.

 

Leave a Reply