BTS, Boyband Korea Pertama Jawara Tangga Album AS

BTS, Boyband Korea Pertama Jawara Tangga Album AS

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20180528124458-227-301819/bts-boyband-korea-pertama-jawara-tangga-album-as

Boyband BTS kembali menorehkan prestasi di kancah musik dunia. Pelantun lagu Fake Love ini memecahkan rekor sebagai bintang K-Pop pertama yang berhasil merajai tangga musik Billboard.

Baru-baru ini, Billboard mengumumkan bahwa album terbaru BTS Love Yourself: Tear mengisi posisi puncak Billboard 200 di pekan pertama perilisan.

Pencapaian itu menjadikan BTS sebagai bintang K-Pop pertama yang berhasil mendapatkan posisi tersebut.


Sebelumnya, pencapaian tertinggi musik K-Pop juga diperoleh BTS dengan mengisi posisi ke-7 pada tangga musik yang sama, lewat album Love Yourself: Her pada tahun lalu.

Billboard 200 merupakan catatan terkait album paling populer di Amerika Serikat, berdasarkan penjualan secara fisik ataupun digital.

Berdasarkan data Nielsen Music, Love Yourself: Tear meraih penjualan setara 135 ribu unit album di AS hingga 24 Mei lalu.

Penjualan itu didapat dari 100 ribu penjualan album secara tradisional, 26 ribu unit album yang disetarakan dari total streaming sebanyak 39,1 juta kali, serta sembilan ribu dari total penjualan per lagu.

Selain di industri musik AS, BTS pun dilaporkan turut meraih kesuksesan di negeri asalnya dan negara-negara lain.

Grup ini mencatat rekor baru dengan penjualan album tertinggi pada Hanteo sebanyak satu juta kopi, lagu baru Fake Love pun berhasil menguasai tangga musik Korea.

Di samping itu, album dan lagu baru tersebut pun turut menduduki puncak iTunes di seluruh dunia.

Belum lagi, video musik Fake Love telah ditetapkan menjadi video musik ketiga yang paling banyak ditonton dalam waktu 24 jam pasca dirilis di Youtube.

Menurut laporan Billboard, sehari pasca dirilis, video musik itu disaksikan 35,9 juta kali.

Capaian tersebut membuat BTS berada di bawah PSY dengan lagu Gentleman yang dapat 36 juta penonton pada 2013 serta Taylor Swift yang bertahan di posisi puncak dengan 43,2 juta penonton untuk lagu Look What You Made Me Do yang dirilis pada 2017.

 

Leave a Reply