Jelang Asian Games, LADI Gelar Sosialisasi kepada 40 Cabor

Menuju Asian Games 2018, Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) melakukan sosialisasi kepada seluruh cabang olahraga guna mengantisipasi penggunaan doping.

Sosialisasi dilakukan di Hotel Ambara, Jakarta Selatan, Senin (7/5/2018). Kegiatan dihadiri 40 cabang olahraga yang akan mengikuti Asian Games pada Agustus mendatang.

“Dalam waktu kurang dari tiga bulan akan ada Asian Games. Berdasar pengalaman waktu Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat 2016, atlet kami banyak yang positif doping, ada 12 atlet. Jumlah yang lebih banyak dari sebelumnya. Nah, kami memberi sosialisasi dengan harapan atlet yang positif doping bisa dihindari,” kata Ketua LADI Zaini Kadhafi Saragih, di sela-sela acara.

Secara khusus, Zaini mengatakan, atlet dianjurkan untuk tidak menggunakan suplemen makanan apapun jenisnya.

“Tidak perlu suplemen karena suplemen yang mereka dapat di pasaran, tak bisa kami jamin apakah murni, tidak terkontaminasi, atau ada zat yang seharusnya tidak ada di suplemen itu. Sebab, walau 0,01 persen saja ada zat doping dan dikonsumsi bisa menjadi positif,” dia menjelaskan.

Selain menyosialisasikan, LADI juga berencana untuk melakukan out of competition test. Maksudnya, LADI mengetes atlet pada saat mereka latihan.

“Itu salah satu program kami untuk mencegah atlet kami ada positif doping. Tapi untuk cabor apa yang pertama tidak bisa dikatakan karena mereka akan siap-siap. Tapi bukan berarti akan random juga, tidak,” tuturnya.

Selain Indonesia, LADI bekerjasama dengan Panitia Penyelenggara Asian Games juga melakukan sosialisasi dengan negara peserta Asian Games. Melalui buku panduan antidoping 2018, INASGOC akan menyebarkan kepada 45 negara peserta.

(mcy/rin)

 

Sumber  : https://sport.detik.com/sport-lain/d-4009891/jelang-asian-games-ladi-gelar-sosialisasi-kepada-40-cabor

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.