Saran Dokter Bagi yang Sering Lembur Agar Jantung Tetap Sehat

Hampir semua orang pasti pernah kerja lembur. Meskipun perusahaan membayar uang lembur, ada baiknya Anda memperhitungkan kembali jam bekerja dan waktu istirahat demi menjaga kesehatan.

Ya, lembur biasanya identik dengan jam kerja yang melelahkan dan gaya hidup tidak sehat. Nah, agar tubuh Anda tetap sehat dan bugar, dokter jantung memberikan beberapa saran yang bisa Anda lakukan. Seperti apa itu?

“Usahakan pintar membagi agar memanfaatkan waktu rehat atau istirahat sebaik mungkin setelah bekerja overtime,” kata dokter jantung, dr Isman Firdaus, kepada detikHealth.

Selain itu, imbuh dr Isman, usahakan mengonsumsi makanan bergizi seperti buah-buahan, ikan, dan sayuran. Hindari mengonsumsi kopi berlebihan atau minuman berenergi dengan kadar kafein tinggi.

“Tidur yang cukup, usahakan melakukan gerakan-gerakan peregangan saat setelah 2 jam bekerja,” pungkas dr Isman.

Hal penting lain yang perlu diperhatikan, cek kondisi jantung tiap 1 tahun sekali untuk memastikan bahwa jantung Anda aman untuk diajak bekerja dan beraktivitas, jangan lupa selalu berdoa dan beribadah untuk ketenangan jiwa.

Hal yang sama juga dikatakan oleh dr Ayuthia Putri Sedyawan, bagi mereka yang sering lembur, sebaiknya menyempatkan untuk break di sela-sela kerjanya.

“Jadi saran saya untuk orang yang sering lembur untuk tetap menjaga kesehatan jantungnya adalah tetap menyempatkan untuk break di sela-sela kerjanya. Bisa dengan stretching atau olahraga di meja,” ujar dr Ayu.

“Jadi mungkin kakinya bisa diregangkan lalu tangannya boleh digerak-gerakkan, leher terutama. Setidaknya itu tetap menjaga kesehatan jantung kita,” pungkasnya.

 

 

Sumber : https://health.detik.com/berita-detikhealth/4000158/saran-dokter-bagi-yang-sering-lembur-agar-jantung-tetap-sehat

 

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.