4 Perubahan yang Akan Terjadi di Gmail, Siap-siap

Akun email besutan Google, Gmail akan mendapatkan banyak perubahan. Google mengkonfirmasi penambahan fitur baru pada Gmail mereka walau belum diungkap kapan semua itu bisa dinikmati.

Beberapa perubahan itu diyakini merupakan fitur yang cukup diperlukan oleh para pengguna Gmail. Tak hanya perubahan dari sisi tampilan tapi juga penambahan banyak fitur yang cukup fungsional.

Setidaknya, yang kami tangkap dari berbagai sumber, akan ada beberapa perubahan nyata yang akan terjadi di Gmail.

1. Tampilan yang lebih bersih

Tampilan Gmail versi web diperkirakan akan mirip dengan tampilan Gmail pada mobile. Ada 3 layout, yakni default view, yang mana Gmail menampilkan lampiran seperti dokumen dan foto; comfortable view yang tidak menampilkan lampiran: serta compact view yang memperbanyak jumlah pesan inbox yang bisa dilihat dalam satu halaman.

2. Fitur Snooze

Snooze memungkinkan pengguna menghindari email tertentu. Ini sama saja dengan menunda percakapan dengan seseorang melalui email. Menariknya, fitur Snooze bisa disetting waktunya. Artinya, bisa ditentukan sampai berapa lama anda tidak ingin melihat email itu di dalam inbox anda.

3. Smart Reply

Fitur ini memungkinkan pengguna memilih secara otomatis 3 balasan berdasarkan yang ada pada pesan asli. Ini dimaksudkan agar mempermudah pengguna yang ingin menjawab email secepat mungkin, pengguna yang sedang terburu-buru.

4. Ekstensi Chrome yang ramah

Google saat ini sedang menguji ekstensi Chrome, untuk memastikan pengalaman pengguna dalam Gmail baru sesuai dan kompatibel. Artinya, pengguna dengan browser Chrome bisa menikmati Gmail yang lebih ramah, baik dari sisi desain maupun ukuran file yang ringan.

“Kami sedang bekerja untuk mengupdate beberapa aspek di Gmail (masih dalam fase draft). Kami masih membutuhkan beberapa waktu lagi, jadi belum bisa membagikan apapun. Kami akan memberitahu Anda saat semuanya sudah siap,” ujar Google dalam pernyataannya, yang dilansir¬†Express, Senin 16 April 2018.

Dengan pengguna mencapai 1,2 milyar di seluruh dunia, Gmail juga sering berbenah. Tahun lalu mereka mengupgrade attachment hingga 50 MB.

Belum ada tanggal pasti kapan fitur tersebut akan hadir. Namun kemungkinan besar beberapa minggu lalu bisa dinikmati oleh pengguna layanan email tersebut.

Bisa saja pengumumannya pada saat konferensi I/O tanggal 8 hingga 10 Mei 2018 mendatang di Mountain View, California. I/o membawa pengembang dari seluruh dunia untuk berbicara, belajar dari ahli di Google dan juga yang paling ditunggu produk baru Google. (ren)

Sumber : https://www.viva.co.id/digital/digilife/1026851-4-perubahan-yang-akan-terjadi-di-gmail-siap-siap

 

Leave a Reply