Batasi Asupan Gula Pasir hingga 2 Sendok Makan per Hari

Apakah Anda suka mengonsumsi makanan dan minuman manis? Sebaiknya perhatikan asupan gula yang terkandung pada makanan dan minuman tersebut. Sebab, kelebihan gula bisa mengantarkan Anda terkena penyakit diabetes meskipun Anda bukan keturunan penderita penyakit gula ini.

Sebagai contoh, kudapan manis seperti martabak dan kue tart menyumbang asupan gula ke dalam tubuh dalam jumlah yang cukup banyak. Selain itu, satu gelas minuman bubble mengandung tiga sendok makan gula. Makanan dan minuman seperti itu bisa menimbulkan risiko diabetes.

Faktanya, diabetes bisa dicegah dengan mengurangi asupan gula. Departemen Kesehatan RI memberikan anjuran untuk mengonsumsi gula sebanyak empat sendok makan atau sebanyak 50 gram saja dalam sehari. Anjuran tersebut telah dibakukan melalui PERMENKES RI No.30/2013.

Selain itu, Departemen Kesehatan RI juga menerbitkan buku Pedoman Umum Gizi Seimbang yang menyatakan bahwa konsumsi gula berlebih, apabila berlangsung lama, dapat menyebabkan kegemukan. Sementara kegemukan merupakan salah satu faktor risiko terkena diabetes.

Di sisi lain, organisasi kesehatan dunia WHO memiliki standar konsumsi gula yang lebih ketat, yakni hanya dua sendok makan per hari atau 25 gram yang ditetapkan pada 2015. Lantas bagaimana solusinya agar tetap bisa menikmati rasa manis, tapi juga bisa terhindar dari diabetes? Caranya adalah dengan mengganti gula pasir yang digunakan dalam minuman dengan pemanis rendah kalori, seperti Tropicana Slim Stevia.

Selain aman untuk menjaga berat badan tetap proporsional, gula rendah kalori pun tak merusak gigi. Gula ini juga bisa digunakan bagi mereka yang sedang menjalani program diet.

Hal lain yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit diabetes adalah dengan mencermati kandungan gula suatu makanan dan minuman pada kemasan. Informasi tersebut bisa dilihat pada kolom nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui jumlah kandungan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Perlu diingat, agar tubuh sehat dan terhindar dari risiko diabetes sebaiknya batasi konsumsi gula pasir hingga 2 sendok makan per hari atau hanya 25 gram. (ega/up)

Sumber : https://health.detik.com/berita-detikhealth/3964843/batasi-asupan-gula-pasir-hingga-2-sendok-makan-per-hari

Leave a Reply