Virus Malware Kini Incar Mobile, Waspada Data Finansial Anda di Smartphone

Belum lama ini dunia dihebohkan dengan serangan siber berupa virus malware yang dinamakan ransomware. Melalui penyebaran virus ini, si penyebar dapat mengunci komputer uang sudah terjangkit sehingga perangkat tersebut tidak dapat digunakan kembali.

Untuk meng-unlock perangkat tersebut, penyebar akan meminta tebusan kepada organisasi atau perusahaan yang terserang virus agar perangkat mereka dapat digunakan kembali.

Ke depannya, ransomware diprediksi akan terus menyerang organisasi dan juga akan mengarah ke perangkat mobile. Masifnya penggunaan smartphone dan juga semakin majunya bisnis finansial membuat mobile phone seperti “bank berjalan” dengan beragam aplikasi produk finansial beserta data aksesnya tersimpan rapih di dalam perangkat mobile phone.

Menyikapi hal tersebut perusahaan penyedia jasa keamanan, PT Avnos Global Indonesia, tengah mengkaji untuk membuat layanan keamanan perangkat mobile phone. CEO Avnos, Ivan Goh, mengatakan saat ini serangan ransomeware dapat dicegah melalui program Avnos bernama EX.Ketika disinggung mengenai serangan ransomware wannacry yang terjadi di Indonesia beberapa tahun yang lalu, Team Channel Leader Anggrina Sylvia mengungkapkan bahwa Avnos selalu mendampingi kliennya ketika terjadi serangan yang mengancam institusi.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.